Tuesday, July 30, 2013

[LEARN JAPAN] Part 1 = Katakana dan Hiragana

halo halo semua...
kalian semua pasti udah bisa bahasa jepang kan walaupun sedikit...
nah, sekarang mimin mau nnya, klo kalian disuruh nulis bisa gak sih?
mungkin jawaban kalian sama kayak mimin... "mmmm, gimana ya? kalo Kanji sih cuma sedikit, kalo hiragana sama katakana lumayan hafal".
nah, biar lebih hafal lagi menulis kata kata dalam bahasa Jepang alangkah baiknya kita belajar huruf per hurufnya ya...

nah, sekarang kita masuk materi, sebelumnya mimin mohon bimbingannya kalo ada yang salah, karena mimin juga belajar. jadi dalam bahasa jepang dikenal 3 istilah, yaitu hiragana, katakana, dan kanji...
dari ketiga istilah itu, yang paling (njelimet) susah dipelajari itu kanji, karena hurufnya mirip, ato bahkan mungkin sama sama tulisan china yang, cara menulisnya membutuhkan proses yang benar.
sebenernya sih bukan hanya kanji, tapi semua huruf huruf itu harus mengikuti alur/cara penulisannya.

FIRST LESSON 1 = KATAKANA

katakana ini nih, biasanya digunakan untuk menulis istilah dari bahasa luar jepang contohnya bahasa inggris, indonesia, dan lain lain.
contoh: 1. amerika ditulis dalam katakana akan menjadi (アメリカ)sedangkan dalam hiragana akan menjadi seperti ini (あめりか)tapi jarang orang menulisnya dalam hiragana, bahkan mungkin tidak pernah.

ini kalo mau buat kanji, jadi gambar diatas kesimpulannya kanji itu ditulis berdasarkan katakana, ato kalo mau hafalin kanji mending hafalin katakana dulu (opini mimin) 
ini adalah tabel katakana.

SECCOND LESSON 2 = HIRAGANA

hiragana, huruf ini merupakan komponen paling dasar dari penulisan dalam bahasa jepang, hiragana sering digunakan dalam penulisan bahasa jepang, namun ada juga huruf yang ditulis dengan full kanji, yang artinya semua hurufnya ditulis dalam kanji. bagi mimin huruf ini merupakan huruf asli jepang yang mudah dibaca, karena biasanya, ada beberapa kanji yang menuliskan keterangannya dalam hiragana.
contoh: 1. hiragana itu contohnya kayak namanya naruto (うずまき) ya kurang lebih seperti inilah.

 ini adalah tabel hiragana.

LAST LESSON TODAY 3 = HO TO WRITE?
seperti yang mimin jelasin diatas tadi. gak peduli kanji kah, hiragana kah, katakana kah, semuanya mempunya tata cara penulisannya masing masing, nah yang kita bahas sekarang adalah cara penulisannya. berhubung susah di jelasinnya, mimin kasi aja langsung gambarnya, okeeehhhhh....

sorry kalo ada yang salah dan maaf kalo ada yang kurang jelas...
sekian dari mimin terima kasih...
kalo mau kopas tolong disertakan sourcenya, inget etika, udah kopas gak mau kasi source lagi...

salam 48!
mimin.

No comments:

Post a Comment